Minggu, 07 Desember 2008

Manfaat Susu

Susu biasanya berarti cairan bergizi yang dihasilkan oleh kelenjar susu dari mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yoghurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lain untuk konsumsi manusia.Semua orang di dunia ini membutuhkan susu untuk menopang kehidupannya. Baik dari bayi sampai orang yang sudah lanjut usia.

Susu mencegah penyakit jantung, kanker dan stroke.
Sebuah Penelitian membuktikan bahwa susu dapat melindungi kita dari penyakit jantung, kanker dan stroke. Penelitian ini melibatkan 5700 pria yang berumur 35 tahun dan 64 tahun mendapatkan hasil bahwa mereka yang minum susu satu liter perhari, 8 % lebih kecil mengidap penyakit jantung, kanker dan stroke dibanding mereka yang minum kurang dari satu liter.

Susu baik untuk gigi
Menurut para dokter gigi, susu, teh atau kopi yang tidak terlalu manis merupakan minuman yang tepat diminum menemani makanan, karena tidak menyebabkan kerusakan gigi. Sebaliknya, gula yang terkandung dalam minuman soda dapat menyebabkan erosi pada gigi terutama sewaktu diminum antara makanan ketika dimulut tidak memproduksi zat yang membantu merusak pengaruh berbahaya dari makanan ( saliva ). Penelitian juga membuktikan bahwa keju sebagai produk dari susu juga sangat baik bagi gigi ketika dimakan setelah makanan, karena kalsium dan protein yang terkandung dalam keju membantu menetralisir asam dalam mulut.

Mengurangi resiko tekanan darah tinggi
Meminum produk susu yang rendah lemak, buah-buahan dan sayuran sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah. Pola makan seperti ini jauh lebih efektif dibandingkan beberapa pengobatan tekanan darah tinggi.

Mengurangi resiko terkena kanker usus
Produk susu juga dapat membantu mebgurangi resiko kanker usus. Sebuah penelitian menunjukkan susu dan produk susu dapat mengurangi kadar racun dalam tinja yang menurunkan resiko terkena kanker usus.

Mencegah osteoporosis
Penelitian di belanda menyebutkan, perempuan yang sejak kanak-kanak telah mengkonsumsi tiga gelas susu perhari maka tulangnya akan lebih kuat dan terbebas dari ancaman osteoporosis dibandingkan dengan yang tidak minum susu, meskipun telah mencapai masa menopause.

1 komentar:

handout mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat, kaya dengan ilmu, dan disajikan dalam bahasa yang mudah tuk dipahami...


kalau butuh bahan bacaan,, kunjungi
REPOSITORY UNAND